CONDOR TRILOGY bag 3: The Heaven Sword and Dragon Sabre (Yi Tian Tu Long Ji)

Senin, 30 Januari 2012



HSDS merupakan bagian terakhir dari Trilogi Rajawali. di Indonesia sendiri dikenal dengan nama Golok Pembunuh Naga. Memang bila diamati, cerita yg disajikan terasa meloncat dari dua trilogi sebelumnya.Heaven Sword and Dragon Sabre tidak lagi menceritakan Pendekar Utara Guo Jing ataupun Si Gila Barat Yang Guo pun juga tidak menceritakan Guo Xiang putri Guo, Jing tapi lebih menitik beratkan pada tokoh Zhang Wuji (Thio Boe Ki) yg merupakan cucu murid dari Zhang Sanfeng (Thio Sam Hong), sahabat dari Guo Xiang.


Kisah Heaven Sword and dragon sabre berlatar belakang di masa pemerintahan dinasti Yuan (Goan) atau Mongolia. Berbeda dengan dua trilogi sebelumnya yg berlatar Dinasti Song, cerita memang bergulir sekitar seratus tahun dari ketika Yang Guo meninggalkan pertemuan di Hoa San dan kejatuhan Kota Xiang Yang di tangan pasukan Mongolia. Jin Yong dikabarkan tidak sampai hati untuk menceritakan bagaimana Sang Pendekar Besar Guo Jing gugur bersama istrinya Huang Rong dan kedua putanya Guo Pou Nu & Guo Fu. Mereka semua gugur dalam mempertahankan kota Xiang Yang.Putri bungsu mereka- Guo Xiang, selamat karena pergi dari xiang yang untuk mencari Yang Guo & Xiao Long Nu.

Sebelum kejatuhan kota Xiang Yang, Huang Rong yg cerdik & sedikit mengetahui ilmu meramal dari ayahnya, mengambil pedang berat milik Yang Guo yg ditinggalkan untuk mereka & meleburnya menjadi dua senjata hebat yg menggegerkan dunia persilatan. Kedua senjata itu adalah Golok Pembunuh Naga (Tu Long Dao) & Pedang Langit (Ie Thuan Jian). Kedalam kedua senjata itu Huang Rong & GuoJing memasukkan Kitab Wu Mu (Kitab Perang Bu Bok peninggalan Jendral Yue Fei), kitab Ilmu Sembilan Bulan (Jiu Yin Zhen Jing) & Kitab Ilmu 18 Tapak Menaklukkan Naga (Xiang Long Shi Ba Zhang). Huang Rong yg melihat putri bungsunya punya sedikit perasaan terhadap Yang Guo, juga dibuatkan sebuah cincin dari bahan yg sama-dimana kelak cincin itu beserta Pedang Langit akan menjadi senjata pusaka Partai E Mei yg didirikan oleh Guo Xiang.

Huang Rong berharap kelak ada pendekar besar yg menguasai kedua senjata tersebut & mempergunakannya untuk mengusir bangsa Mongol dari Daratan China.Ketika kedua senjata tersebut selesai, Huang Rong menyerahkan Golok Naga pada Guo Puo Nu & Pedang Langit pada Guo Xiang. Tidak lama setelah kepergian Guo Xiang dari Xiang Yang, pasukan besar Mongol datang menyerbu secara besar-besaran dan tewaslah para pendekar-pendekar tersebut dan Golok Naga pun kemudian hilang & selalu berpindah-pindah tangan. Para pendekar dunia persilatan saling bertarung untuk memperebutkan Golok Naga & juga Pedang langit, namun mereka tidak tahu rahasia yang ada dibalik kedua senjata tersebut kecuali ketua Partai E Mei.

Cerita berpusat pada jagoan utama kita yaitu Zhang Wuji yang berayahkan Pendekar Kelima Wudang Zhang Cuisan & beribukan Yin Susu dari Partai yg dianggap sesat-Partai Elang Langit dari klan Ming. Sejak kecil Wuji hidup bersama ayah angkatnya Xie Xun & kedua orang tuanya di Pulau Terpencil.Ketika kemudian kembali di China daratan, dimulailah masa-masa berat Wuji. Kedua orang tuanya bunuh diri karena tidak mau mengatakan keberadaan Xie Xun-yg memegang Golok Naga dan Wuji sendiri terkena Racun Tapak dingin dari dua tetua Xuan Ming, dimana racun tersebut hanya bisa diobati dengan belajar ilmu Sembilan Matahari (Jiu Yang Zhen Jing) yg telah lama menghilang.namun nasib baik memang selalu menyertai Wuji. Dimulai dengan belajar ilmu pengobatan dari Tabib Hu Qingniu & secara tidak sengaja menemukan Kitab Ilmu Sembilan Matahari di dalam perut seekor Gorila Putih, maka sembuhlah racun Wuji & semakin digdaya ilmunya. Selain itu Wuji juga berhasil mendamaikan perseteruan antara Sekte Ming/Beng Kauw (yg dianggap sesat) dengan enam Aliran Besar di persilatan. Masih ditambah bonus Wuji menemukan Kitab Tertinggi Sekte Ming yaitu Ilmu Memindahkan Langit & Bumi (Qian Kun Ta Nu Yi) dan membuatnya semakin hebat ilmu silatnya.

Dalam perjalanan hidupnya, Wuji selalu diliputi kegalauan dengan wanita-wanita disekelilingnya, dimana ia sulit untuk memutuskan siapa yg paling cocok untuknya, dimulai dari Yin Li-saudari sepupunya yg jatuh hati padanya sejak kecill hanya karena digigit tangannya oleh Wuji, Xiao Cao sang Ketua Beng Kauw cabang Persia, Zhuo Zhiruo murid E Mei yg dikenalnya sejak kecil dan yang terakhir Zhao Min sang Putri dari raja muda Mongolia.Dia akhir cerita akhirnya Wuji menjatuhkan pilihan terhadap Zhao Min & melepaskan jabatan ketua Beng Kauw dan kesempatan untuk menjadi kaisar karena Sekte Ming berhasil menjatuhkan Dinasti Yuan di bawah kepemimpinannya dan akhirnya menyerahkan tahta pada Zhu Yuanzhang-jendral nya di Sekte Ming untuk menjadi Kaisar dinasti Ming yg pertama.Zhang Wuji & Zhao Min sendiri pergi meninggalkan hiruk pikuknya dunia persilatan.
Bebarapa Adaptasi Seputar Heaven Sword & Dragon Sabre:
A.     Film
1.      Story of the Sword & Sabre 1965, produksi Hong Kong dengan bintang Lam Ka Sing (Zhang Wuji), Chan Hiu Kau (Zhao Min) & Connie Chan (Zhou Zhiruo).

2.        Heaven Sword & Dragon Sabre 1978 (terdiri dari dua bagian), produksi Shaw Brothers Studio Hong Kong dengan bintang Derek Yee (Zhang Wuji), Ching Li (Zhao Min) & Candice Yu (Zhou Zhiruo).

3.       The Hidden Power of the dragon Sabre 1984 - sebuah spinoff produksi Shaw Brothers Hong Kong dengan bintang Derek Yee (Zhang Wuji) & Leanne Liu (Zhou Zhiruo)





4.       Kung Fu Cult Master 1993, produksi Win's Entertainment Hong Hong dengan bintang Jet Li (Zhang Wuji), Sharla Cheung (Zhao Min) & gigi Lai (Zhou Zhiruo).








B.     serial Televisi
1.    The Heaven Sword and Dragon Sabre 1978, produksi TVB Hong Kong dengan bintang Adam Cheng (Zhang Wuji), Liza Wang (Zhao Min) & Angie Chiu (Zhou Zhiruo).
2.    Heaven Sword & Dragon Sabre 1984, produksi TTV Taiwan dengan bintang Liu Te Kai (Zhang Cui San & Zhang Wuji), Liu Yupu (Zhao Min) & Yu Ke Hsin (Zhou Zhiruo)

Zhang Wuji & Zhao Min


3.    The New Heaven Sword and dragon Sabre 1986, produksi TVB Hong Kong dengan bintang Tony Leung (Zhang Wuji), Kitty Lai (Zhao Min) & Sheren Tang (Zhou Zhiruo)




Zhang Wuji & kedua orang tuanya






Zhao Min & Zhou Zhiruo




4.    Heaven Sword & Dragon Sabre 1994, produksi TTV Taiwan dengan bintang Steve Ma (Zhang Cuisan & Zhang Wuji), Cecilia Yip (Yin Susu & Zhao Min) & Kathy Chow (Zhou Zhiruo)

Zhang Wuji bersama Zhao Min & Zhou Zhiruo

Zhang Cuisan & Yin Susu
5.     The Heaven Sword & Dragon Sabre 2000, produksi TVB HongKong, dengan bintang Lawrence Ng (Zhang Wuji), Gigi Lai (Zhao Min) & Charmaine Sheh 9Zhou Zhiruo)

Zhao Min & Zhou zhiruo

Zhang Wuji & Zhao Min



6.     The Heaven Sword & Dragon Sabre 2003,produksi Mainland China, CTS Taiwan & Mediacorp sinagpore dengan bintang Alec Su (Zhang Cuisan & Zhang Wuji), Alyssa Jia (Zhao Min) & Gao Yuan Yuan (Zhou Zhiruo)



7.    The heaven Sword & Dragon Sabre 2009, produksi Mainland China dengan bintang Deng Chao (Zhang WUji), Ady An (Zhao Min) & Liu Jing (Zhou Zhiruo)

Zhang Wuji & Zhao Min

Zhang Wuji & Zhou Zhiruo

C.     Komik
Tahun 2002 dengan ilustrasi oleh Ma Wing Shing & Jin Yong sebagai penulis naskahnya, dipublikasikan dalam bahasa Inggris.
D.     Video game
terbit di tahun 2000 produksi Softwold & tahun 2004 kembali diproduksi oleh Softword dengan beberapa pembaharuan.


nb:
Zhang Wuji=Thio Boe Ki
Zhang Sanfeng=Thio Sam Hong
Xiang Yang=Ciang Nan
Wudang=butong
Yang Guo= Yo Ko
Xiao Long Nu (bibi lung
Guo Fu = Kwe Fu
Guo Xiang = Kwe siang
Guo Puo Nu=kwe Puo Nu\
Guo Jing= Kwe Ceng
Huang Rong/Wong Yung= Au Yeung

2 komentar:

agus banjar mengatakan...

wah komplit sekali condor trilogy-nya.hebat bro

Eddy Tsu mengatakan...

Salut.. jadi tahu lebih lagi deh trilogy chinn yung ini
Thanks Bro

Posting Komentar

mohon masukannya