Nama

Jumat, 03 Februari 2012

Hm,,, baru dimasukin ke grup bloofer eh dapat PR ini dari Teh Bonit tentang nama. Sebenarnya malas, setelah 3 hari baru saya ngerjain Prnya :p
05.30 WIB
Apalah arti sebuah nama? Pentingkah nama itu? Ada orang yang beranggapan seperti itu, namun nama bagi saya adalah salah satu penyambung dalam berkomunikasi dan silaturahim. Di dunia maya atau pun nyata ada yang suka dan juga tidak suka kalau namanya, lebih tepatnya, nama lengkapnya diketahui orang lain, apalagi terhadap orang yang baru dikenalnya.  Di dunia maya sendiri orang-orang yang tidak suka diketahui nama aslinya selalu menggunakan nama lain yang ia suka. Setidaknya ia menggunakan nama panggilan untuk nama di dunia mayanya, dan ketika berkenalan pun tidak mau menyebutkan nama lengkapnya

Ada juga yang suka diketahui nama lengkapnya namun lebih suka menggunakan nama lain yang memiliki arti yang penting bagi dirinya. Nama yang digunakan bisa berupa cita-cita, nama sang  kekasih, inisial dirinya dengan sang kekasih, orang penting bagi dirinya, barang yang disukai dan juga yang lain. Meskipun menggunakan nama lain, ia tidak sungkan untuk menyebutkan nama lengkapnya ketika ditanya siapa nama sebenarnya.

Hm, saya sendiri kenapa tidak menggunakan nama asli? Bukannya saya tidak suka dengan nama asli saya, bahkan nama yang melekat pada diri ini teramat sangat bagus (cie cie :p). Mana mungkin ada orang tua yang memberi nama jelek terhadap anaknya, meskipun ada juga yang memberikan nama jelek terhadap anak-anaknya. Hal itu mungkin karena mereka tidak mengetahui arti dari nama yang mereka berikan, namun nama tersebut terdengar keren bagi mereka.

Nama-nama yang sering saya gunakan di dunia maya tidak jauh dari nama asli saya, Muhammad Iqbal Fauzi, namun dalam akte kelahiran dan ijazah selalu ditulis Muh. Iqbal Fauzi. Nama Muhammad Iqbal diambil dari nama seorang Pujangga terkenal dari India. Mungkin orang tua menginginkan saya menjadi seorang ahli di bidang sastra dan juga mengikuti cita-cita sang pujangga menerapkan hukum islam, sehingga diberi nama tersebut.
Sir. Muhammad Iqbal

Arti dari muhammad Iqbal Fauzi sendiri sangat mendalam dan itu merupakan cita-cita orang tua. Muhammad artinya yang terpuji, Iqbal artinya menghadap, Fauzi artinya kejayaan atau kesuksesan. Melihat dari arti kata masing masing dapat disimpulkan bahwa orang tua menginginkan anaknya menjadi orang yang memiliki sifat dan akhlaq yang terpuji, serta selalu sukses dunia dan akhirat, semoga saja, aamiin.
Waktu kecil sering dipanggil Mbay, Ibay, Iqbal, Neng, Nyai (nah loh ko dipanggil neng dan nyai??). Keponakan kebanyakan manggil Om Ibay, ada juga yang Ibal. Di dunia maya sendiri, baik pada akun jejaring sosial maupun komen untuk blog tidak pernah menggunakan nama palsu kecuali di blog ini. Nama-nama yang digunakan tidak jauh dari nama asli, ada MuhIqF, ada Iqbal Fauzi, ada Ozy dari kata Fauzi, Fauzi, dan juga Om Ibay dan satu nama aneh, kasafa.

Kasafa, yups itulah nama akun blog ini. Dulu pertama kali bikin akun blogger bingung ngasih nama apa. Teringat dengan seorang teman yang selalu menyebutkan kata kasafa, akhirnya saya pakai nama tersebut. Loh kenapa kasafa? Bukannya cassava? Memang benar masaih ada hubungannya dengan cassava, namun sepertinya ada rahasia selain cassava di balik kasafa. Hm, yang tahu Cuma orangnya.

Nama hanyalah nama, namun itu adalah pemberian orang tua dan juga merupakan harapan orang tua terhadap kita dan itu harus dijaga sampai kapan pun. Banyak orang yang namanya memiliki arti yang bagus namun mereka ganti karena dianggap kampungan. Kalau diganti dengan nama yang lebih bagus itu tidak masalah, namun bila diganti dengan nama yang dianggap keren, padahal artinya jelek, orang tua pasti akan sangat sedih.

2 komentar:

Annur Shah mengatakan...

hihi,, kenal teh bonitz jga yah....


salam kenal yah

KASAFA'S aREA mengatakan...

ia,,,
salam kenal juga,,

Posting Komentar

mohon masukannya