CONDOR TRILOGY bag 1: Legend Of The Condor Heroes (She Diao Ying Xiong Zhuan)

Sabtu, 28 Januari 2012

Legend of The Condor Heroes yang terkenal dengan Pendekar Pemanah Rajawali merupakan bagian pertama dari Trilogi Rajawali yang menceritakan petualangan Guo Jin(Kwe Ceng) -Yang Kang (Yo Kang) bersama pasangan mereka masing-masing. Mengambil setting pada masa Dinasty Song, saat awal-awal invasi penyerangan pasukan Jin (Chin) ke China. Cerita bermula dari dua orang sahabat kental yang kemudian saling mengangkat saudara-Yang Tiexin (Yo Tiansin) dan  Guo Xiaotian (Kwe Xiaotian), dimana keduanya sangat membenci penyerangan pasukan Jin ke daratan China. Persaudaraan mereka sangat erat sampai pada akhirnya mereka berdua memutuskan menjadikan anak mereka masing-masing yang masih belum lahir dan masih dalam kandungan istri masing-masing, untuk kelak menjadi saudara seperti mereka bila berjenis kelamin sama dan akan menjodohkan mereka bila berjenis kelamin berbeda.Sampai kemudian terjadilah malapetaka itu.

Wangyan Hunglieh, Pangeran ke-6 dari Kerajaan Jin secara tidak sengaja bertemu dengan Bao Xiruo, istri dari Yang Tiexin, saat terluka parah dalam pengejaran Pendeta Qiu Qu Chi (Ku Ci Ki). Bao Xiruo yg welas asih tidak tega dan akhirnya menolong sang pangeran. Namun justru itulah awal dari malapetaka itu. Sang Pangeran langsung suka pada pandangan pertama. Maka dilancarkanlah sebuah siasat keji untuk membunuh Yang Tiexin & Guo Xiaotien. Cerita kemudian bergulir kepada dua anak-anak mereka setelah Guo Xiaotien tewas dan Yang tiexin menghilang jatuh ke dalam jurang. Putra dari Guo Xiaotien, Guo Jing (Kwe Ceng), tumbuh dan besar bersama ibundanya di Padang Mongolia di bawah perlindungan Genghis Khan. Sedangkan Yang Kang (Yo Kang), putra dari Yang Tiexin tumbuh & besar bersama ibundanya, justru dalam Kerajaan Jin yang serba mewah & menjadi putra dari Pangeran Wangyan Hunglieh.

Guo Jing tumbuh menjadi seorang pemuda yang tangguh dengan budi pekerti yang baik namun agak lambat dalam mempelajari sesuatu. Satu hal yang menjadi bakat alamiahnya adalah kemampuan memanahnya yang sangat hebat yang ia pelajari dari Guru Jebe.Guo Jing mempelajari ilmu silat pertama kali lewat 7 manusia aneh dari kanglam (Ciangnan). Di lain pihak, Yang Kang tumbuh menjadi anak yang cerdas namun kurang baik dalam budi pekerti. Yang Kang mempelajari ilmu silat pertama kali dari Qiu Qu Chi, namun diam-diam Yang Kang juga mempelajari ilmu keji dari Mei Caofeng, jurus Cakar Tulang Putih Jiu Ying.

Cerita bergulir dengan petualangan Guo Jing ke China daratan untuk menuntaskan perjanjian guru nya dengan guru Yang Kang. Di sinilah Guo Jing bertemu dengan pujaan hatinya yang kelak menjadi istrinya,Huang Rong (Au Yeung/Ou Yong). Petualangan Guo Jing dan Huang Rong di dunia persilatan inilah yang membawa mereka bertemu dengan para tetua dunia persilatan macam Pengemis Utara (Bei gai),Hong Qigong (An Cit Kong) yang menjadi guru mereka; Sesat Timur (Dong Xie)-Huang Yaoshe (Au Yak she) yang merupakan ayah dari Huang Rong; Racun Barat (Xi Du)-Aoyang Feng (Aoyang Hong) yang merupakan musuh bebuyutan Hong Qigong; Kaisar Selatan (Nan Di)-Duan Xizing dan Bocah Tua Nakal (Lao Wan Thong), Zhao Botong (Ciu Petong) yang menjadi saudara angkat dari Guo Jing. Perjumpaan dengan mereka-mereka inilah yang menghiasi sebagian besar cerita LOCH ini. Yang Kang menemukan pujaan hatinya pada gadis manis Mu Nianchi (Bok Liamcu) lewat sebuat adu silat 'mencari jodoh'.Yang Kang yang akhirnya mengetahui jati dirinya, akhirnya justru mengingkarinya dan lebih memilih berada pada pihak Kerajaan Jin yang menjadi musuh negerinya sendiri, Song. Ketika pada akhirnya Kerajaan Jin hancur di tangan Bangsa Mongolia dengan Guo Jing sebagai salah satu panglimanya, Genghis Khan justru kemudian mengincar Kerajaan Song sebagai target pemusnahan berikutnya. Guo Jing yang merasa adalah rakyat bangsa Song, akhirnya membelot dari Genghis Khan dan berjuang untuk mempertahankan tanah airnya dari serbuan Bangsa Mongolia. Hal inilah yang membedakan antara Guo Jing & Yang Kang. Guo Jing tetap bisa memilih mana yang benar dan mana yang harus dibela mati-matian kalau perlu sampai dengan darah tertumpah, namun tidak mengkhianati bangsanya sendiri, sedangkan Yang kang justru lebih memilih mengkhianati bangsanya sendiri demi sebuah kemewahan belaka. Yang kang akhirnya menemui ajalnya dengan meninggalkan seorang putra buah kasihnya dengan Mu Nianchi. Putra Yang Kang-Yang Guo (Yoko) inilah yang menjadi jagoan utama dari Trilogi Rajawali kedua 'Return of the Condor Heroes'.

Sekembalinya dari Mongolia, Guo Jing pergi ke Gunung Hua san untuk mengikuti turnamen pedang. Ia bertarung dengan mertua dan juga gurunya. Pertarungan mereka sangat lam dan tidak ada yang kalah atau pun menang. Akhirnya Guo jing menjadi salah satu dari 5 pendekar besar. Setelah pertarungan tersebut, ia melangsungkan pernikahan dengan Huang Rong.
Beberapa Adaptasi dari Legend of the Condor Heroes:
1.      Komik.
Pada tahun 1998, Hongkong's Ming Ho mengeluarkan komik LOCH sebanyak 38 buku dengan ilustrasi gambar oleh Li Zhiping.Komik LOCH ini juga diterbitkan di Indonesia oleh MNC Comics pada tahun 2000.
 
2.      Video Games.
Cerita LOCH ini juga pernah ditampilkan untuk video games komputer dan Playstation oleh SCEI dengan nama Shachou Eiyuuden:The Eagle Shooting Heroes.
3.      Films.
a.    Story of the Vulture Conqueror, tahun 1958 oleh Omei Film Studios-Hong Kong; dengan Cho Tat Wah sebagai Guo Jing & Yung Siu Yee sebagai Huang Rong.
b.    The Brave Archer 1977-Shaw Brothers Studio (Hong Kong); dengan pemain Alexander Fu  (GuoJing), Tanny Tien (Huang Rong), Lee I-min (Yang kang), Kara Hui (Mu Nian Chi).
 
c.    The Brave Archer 2 1978- Shaw Brother Studios HK, dengan para pemain Alexander Fu (Guo Jing), Niu Niu (Huang Rong), Lee I-min (yang Kang), Kara Hui (Mu Nian Chi)
 
d.    The Brave Archer 3 1981-Shaw Brothers Studios (Hong Kong); dengan pemain Alexander Fu (Guo Jing), Niu Niu (Huang Rong), Yu Tai Ding (Yang Kang).
 
e.    The Eagle Shooting Heroes 1993, sebuah parodi LOCH, dengan pemain Jacky Cheung (Hong Qigong), Leslie Cheung (Huang Yaoshe), Tony Leung ka Fai (Duan Xizing), Tony Leung Ciu Wai (Ouyang Feng), Carina Lau (Zhou Botong), Kenny Bee (Wang Cun Yang), Brigitte Lin (3rd Princess), Maggie Cheung (Imperial master).
f.     Ashes of Time 1994-sebuah adaptasi bebas dari sutradara Wong Kar wai, dengan para pemain: Leslie Cheung (Ouyang Feng), Brigitte Lin (Murong Clan daughter's), Tony Leung kafai (Huang yaoshe), Tony Leung Chiu wai (Blind Swordsman), Jacky Cheung (Hong Qigong), Carina Lau (Blind Swordsman wife).
4.      TV Series.
a.       Legend of the Condor Heroes 1976-CTV HK, dengan pemain Jason Pai (Guo Jing), Michelle Yim (Huang Rong), Bruce Leung (Yang kang), Mang Chau (Mu Nian Chi).
Huang Rong dan Guo Jing

               Michelle Yim sebagai Huang Rong 1976


b.      Legend of the Condor Heroes 1983-TVB HK, dengan para pemain: Felix Wong (Guo Jing), Barbara Yung (Huang Rong), Miu Kiu Wai (Yang kang), Sharon Yeung (Mu Nian Chi).
 
 Huang Rong dan Guo Jin
     Huang Rong dan Guo Jin

 
Guo Jing, Huang Rong, Bok Liamcu, Yang kang
Para Tetua: Auyang Feng, Huang Yaotse, Hong Qigong, Raja Duan Zi
c.       Legend of the Condor Heroes 1988-CTV/ATV (HK, Taiwan), dengan para pemain: Howie Wong (Guo Jing), Idy Chan (Huang Rong), Poon Wang Ban (Yang Kang), Chiu Siu Yi (Mu Nian Chi).
Huang Rong dan Guo Jing


Pemeran Guo Xiao Tian (Howie Wong), A Heng (Idy Chan) & Poon Wang Ban (Yang Kang)
d.      Rage & Passion 1992-TVB HK.Sebuah karya khusus dengan cerita yg berpusat pada kehidupan Wang Chong Yang & Lin Chao Ying, dengan para pemain: Ekin Cheng (Wang Chong Yang), Fiona Leung (Lin Chao Ying).

e.       The Mystery of the Condor Heroes 1993-TVB HK.Sebuah karya yang menceritakan kehidupan awal dari Huang Yaoshe sebelum pertemuan di Puncak hoa shan yg pertama, dengan para pemain: David Chiang (Huang Yaoshe), Fiona Leung (A heng), Julian Cheung (Chen Yuen Feng), Emily Kwan (Mei Caofeng), Lau Kong (Hong Qigong), Wong Wai (Biksu It Teng), Liu Kai Chi (Zhao Botong).
 
f.        The Condor Heroes Return 1994-TVB HK, cerita tentang Duan Zhixing & Hong Qigong, dengan pemain: Ekin Cheng (Duan Zhixing), Marco Ngai (Hong Qigong), Wayne Lai (Zhao Botong).
g.       Legend of the Condor Heroes 1994-TVB HK, dengan para pemain: Julian Cheung (GuoJing), Athena Chu (huang Rong), Gallen Lo (Yang Kang).

 


Huang Rong dan Guo Jing
Mu Nianchi dan yang kang
h.       Legend of the Condor Heroes 2003-Ciwen Picture (Mainland China), para pemain: Li Ya Peng (Guo Jing), Zhou Xun (Huang Rong), Zhou Jie (Yang Kang), Shui Ling (Mu Nian Chi). Yang Kang
 

Guo Jing

Guo Jing dan Huang Rong

Mu Nianchi

Yang Kang
i.        Legend of the Condor Heroes 2008-Chinese Entertainment Shanghai (Mainland China). Para pemain: Hu Ge (Guo Jing), Ariel Lin (Huang Rong), Yuan Hong (Yang Kang), Cecilia Liu (Mu Nian Chi/bok lian chu).


hu Ge sebagai Guo Jing

Ariel Lin sebagai Huang Rong

Guo jing dan Huang Rong

 Yuan Hong sebagai Yang Kang

 
Cecilia Liu sebagai Mu Nian Chi
  
nb: Guo Jing= Kwe Ceng
          Huang Rong/Wong Yung= Au Yeung
          Yang Kang=Yo Kang
          Mu Nian Chi= Bok Liam Chu
          Zhao Botong= Ciu Petong
          Aoyang Feng= Ao Yang hong
          Hong Qigong=An Cit Kong
          Huang Yaose= Au Yok Seu
          Qiu Qu Chi=Ku ci ki
   

2 komentar:

Anonim mengatakan...

gimana cara dpetin DVD serialnya serial???

KASAFA'S aREA mengatakan...

kalau serial serial jadul biasanya pesan,, saya ada kontaknya

Posting Komentar

mohon masukannya