CONDOR TRILOGY bag 2: Return Of The Condor Heroes (Shen Diao Xia Lu)

Minggu, 29 Januari 2012


ini  novel kedua dari Trilogi Pendekar Rajawali, Menceritakan tentang Yang Guo, putra dari si jahat Yang Kang, yang kini hidup terlunta-lunta seorang diri karena sang ibu-Mu Nian Chi telah 'pergi' menyusul sang ayahanda. Bertemu dengan Guo Jing & Huang Rong, Yang Guo dibawa oleh mereka kembali ke Pulau Persik, sebelum akhirnya dibawa oleh Guo Jing ke Perguruan Quan Zhen (cuen chen) untuk dididik agar memiliki moral & kepribadian yang baik. Selama di perguruan Quan Zhen, Yang Guo diperlakukan buruk oleh gurunya, Zhao Zhijing & murid-murid yang lain. Tidak tahan oleh perlakuan gurunya, Yang Guo melarikan diri dan terdampar di Perguruan Kuburan Kuno (Gu Mu Pay).Oleh Xiao Long Nu (bibi lung), wanita cantik yg merupakan pemimpin Gu Mu Pay, Yang Guo di terima sebagai murid.

Bertahun-tahun hidup bersama di Kuburan Kuno, lambat laun menimbulkan benih-benih cinta di antara keduanya, dimana hal ini merupakan sesuatu yang tabu bagi masyarakat waktu itu yang memang melarang hubungan cinta antara guru & murid. Hubungan cinta mereka ini di tentang oleh banyak pihak tak terkecuali sang paman, Guo Jing yang sangat berharap banyak & menyayangi Yang Guo. Kisah cinta Yang Guo & Xiao Long Nu inilah yang mengisi sebagian besar novel kedua Jin Yong ini. Berbagai halangan & rintangan datang silih berganti untuk 'mencobai' cinta sejati mereka, mulai dari kesalahpahaman Xiao Long Nu yang mengira ia telah di nodai oleh Yang Guo padahal Yin Zhiping dari Qua Zhen lah pelakunya.

Cobaan juga datang dari Gongsun Zhi, pemilik dari Lembah Putus Cinta yang coba merebut cinta Xiao Long Nu dari tangan Yang Guo, sampai puncaknya mereka harus berpisah selama 16 Tahun karena Xiao Long Nu mengira ia tidak akan bisa sembuh dari racun ganas yang menyerang tubuhnya.Xiao Long Nu memilih meloncat dari Jurang Putus Cinta dengan meninggalkan penawar racun buat Yang Guo sambil berharap agar selama 16 tahun itu Yang Guo dapat melupakan dirinya & hidup dengan baik mengobati racun di tubuhnya. Sanggupkah Yang Guo melupakan Xiao Long Nu? Tentu tidak..! ;-)) . Selama 16 tahun penantiannya itu Yang Guo menempa dirinya sehingga berubah menjadi sosok pendekar yang tangguh. Ditemani oleh Rajawali Raksasa & Pedang Besi Besar peninggalan "Pendekar Kesepian", Yang Guo melalang buana memberantas kejahatan sehingga namanya menjadi masyur dan dikenal sebagai "Pendekar Rajawali" (Shen Diao Xia).

Namanya menjadi semakin besar ketika ia berhasil memukul mundur pasukan Mongol yang menyerang Kota Xian Yang sekaligus membunuh pemimpin mereka dan menolong Guo Xiang, putri bungsu Guo Jing yg selalu tulus mendoakannya agar bisa bersatu kembali dengan Xiao Long Nu, dari tangan Jin Lun Fa Wang (Hakim Roda Emas). Pada akhir dari novelnya, Yang Guo & Xiao Long Nu akhirnya bersatu kembali setelah perpisahan 16 tahun itu dan berdua pergi mengasingkan diri & meninggalkan dunia persilatan. Sebelum kepergiannya, Yang Guo dianugerahi gelar sebagai 'Si Gila Barat' menggantikan posisi ayah angkatnya-Aoyang Feng dari lima tetua besar persilatan.

Beberapa Adaptasi Seputar Return of the Condor Heroes:
A.     Film
1.    The Story of the Great Heroes 1960, produksi dari Omei Film Studios (HongKong) dengan bintang Patrick Tse (Yang Guo) dan Nam Hung (Xiao Long Nu).

2.    The Brave archer & His Mate 1982, produksi dari Shaw Brother Studio (HongKong), dengan bintang Alexander Fu sebagai Yang Guo.
3.    Little Dragon Maiden 1983, produksi Shaw Brothers studio (HongKong), dengan bintang Leslie Cheung (Yang Guo) dan Mary Jean Reimer (Xiao Long Nu).
B.     Serial TV
1.     The Return of the Condor Heroes 1976, Produksi Shaw Brothers Studio/CTV (HongKong), dengan bintang Law Lok Lam (Yang Guo) dan Lee Tong Ming (Xiao Long Nu).
2.    Return of the Condor Heroes 1983, produksi TVB (HongKong), dengan bintang Andy Lau (Yang Guo) & Idy Chan (Xiao Long Nu). tayang di indosiar tahun 90-an, tayang di TPI tahun 2000-an





3.    The Return of the Condor Heroes 1984, produksi CTV (Taiwan), dengan bintang Meng Fei (Yang Guo) & Angela Pan (Xiao Long Nu).



4.    The Condor Heroes 1995, produksi TVB (HongKong), dengan bintang Louis Koo (Yang Guo) & Carmen Lee (Xiao Long Nu).


5.    The Return of the Condor Heroes 1998, produksi MediaCorp (Singapore), dengan bintang Christoper Lee (Yang Guo) & Fann Wong (Xiao Long Nu).


6.    The Return of the Condor Lovers 1999, produksi TTV (Taiwan), dengan bintang Richie Ren (Yang Guo) & Jacklyn Wu (Xiao Long Nu).


7.    The Legend of Condor Hero 2001, sebuah serial animasi produksi Nippon Animation/Jade Animation (Japan).
8.    The Return of the Condor Heroes 2006, produksi Mainland China, dengan bintang Huang Xiao Ming (Yang Guo) & Crystal Liu (Xiao Long Nu) (sedang tayang di indosiar)


pedang besi nya Du Gu Ciu Pa,, mantab





Yang Guo dan Guo Xiang (Putri bungsu Guo Jing)

Guo Fu, putri sulung Guo Jing, sifatnya perpaduan sifat buruk kedua orang tunya: bodoh, manja, egois

Guo Xiang, putri bungsuGuo Jing, sifatnya perpaduan sifat baik kedua orang tunya: cerdas, tulus
putra putri Guo Jing: Guo Fu, Guo Puo Lu dan Guo Xiang

Bibi Lung dan Yang Guo sedang berlatih pedang hati gadis suci

kembali setelah mengalahkan Mongol

C.     Komik
1.    The Return of the Condor Heroes 1995.Komik yg terdiri dari 18 seri dengan ilustrasi oleh Wee Tian Beng & diterjemahkan oleh Jean Lim.Komik ini mendapatkan penghargaan tahun 1997 di The Asian Comics Conference-Korea.
2.    Return of the Condor Heroes 2002, komik dengan berbahasa Inggris dengan iustrator oleh Wong Yuk Long.
D.     Video Games
Video game ini hanya beedar dalam bahasa China & hanya menceritakan petualangan Yang Guo sampai dengan bertemu sang rajawali raksasa.

Film Khusus: Savior of the Soul 1992. Sebuah film yg di inspirasi oleh novel Return of the Condor Heroes yg dibintangi oleh Andy Lau, Anita Mui, Gloria Yip & Aaron Kwok

Audio tape (Kaset Tape) OST Return of the Condor Heroes 1983 yang di bawakan oleh Yuni Shara, ketika serial ini sangat Booming ketika diputar pertama kalinya oleh Stasiun TV Indosiar di era 90an.



Yang Guo= Yo Ko
Xiao Long Nu (bibi lung
Guo Fu = Kwe Fu
Guo Xiang = Kwe siang
Guo Puo Nu=kwe Puo Nu\
Guo Jing= Kwe Ceng
Huang Rong/Wong Yung= Au Yeung
Yang Kang=Yo Kang
Mu Nian Chi= Bok Mu nian chi
Zhao Botong= Ciu Petong
Ao Yang Feng= Ao Yang hong
Hong Qigong=An Cit Kong
Huang Yaose= Au Yok Seu
Qiu Qu Chi=Ku ci ki
Qua Zhen = Cuen Chen

2 komentar:

Annur Shah mengatakan...

hahahai...
kerenz bgd.. aku masih inget tuh klo liat mukanya tpi yg seblum yg baru ini..
aku juga ngikutin pas cewek versi skrng cantik bgd.. mukanya imut2 hhihih..

Masya Alloh panjang jga yah.. berkali2 diulang dgn tokoh2 yg baru2 pula...

liat fotonya YUNI SHARa jadul bgd haha... ketawa mulu nih..

KASAFA'S aREA mengatakan...

Yang terkenal di kita memang Yoko yang versi Andy Lau,,, untuk orang Indonesia yang lahir tahun 90-an cuma tahu versi yang kemarin ditayangkan.

dan film-film serial mandarin sejenis, selain trilogy condor (LOCH, ROCH dan HSDS), ada banyak versi, ada yang sesuai alur novelnya dan ada yang berbeda, dan tidak membosankan. beda dengan serial kollosal Indonesia makin ke sini makin parah, seperti tutur tinular, tutur tinular 2011 tidak berisi sama sekali,, lebih bagus tutur tinular versi sebelumnya

cewe? bibi Lung maksudnya? katanya yang menjadi tokoh bibi Lung memang harus yang paling cantik

Posting Komentar

mohon masukannya